Tentang Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat

Keberadaan Komisi Informasi adalah salah satu amanat Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). KomisiInformasi merupakan lembaga mandiri yang berfungsimenjalankanUU KIP dan peraturan pelaksanaannya, menetapkan petunjukteknis standar layanan informasi publik, dan menyelesaikan sengketa informasi.

Keberadaan Komisi Informasi sesuai dengan Pasal 24 UU KIP berkedudukan di Ibu Kota Negara, Tingkat Provinsi, dan Kabupaten/Kota jika dibutuhkan. Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat telah memasuki periodesasi yang ke 2 (dua) sebagaimana Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat, Nomor : 640/DISKOMINFO/2018, tanggal 26 Desember 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat, dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat pada tanggal 10 Januari 2019 di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat.

Terbitnya Keputusan Gubernur Kalimantan Barat, Nomor : 640/DISKOMINFO/2018, tanggal 26 Desember 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat ditindaklanjuti dengan seremonial Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat  Masa Jabatan 2018 – 2022 pada tanggal 10 Januari 2019 oleh Gubernur Kalimantan Barat di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat. Selanjutnya secara internal menetapkan Struktur Komisioner melalui Pleno KI Kalbar dan Penyusunan Rencana Strategis KI Kalbar 2018 – 2022.