Profil Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat

Ketua : Ir. Sy. Muhammad Herry, M. H., Mediator

Jurnalis kelahiran Pontianak ini memulai karir Persnya di LKBN Antara Jakarta. Dua tahun setelah itu, karena ’desakan keluarga’, pulang kampung ke Pontianak setelah mendapat tawaran koresponden Media Indonesia untuk wilayah liputan Kalbar. Seiring dengan perkembangan koran lokal pasca reformasi, pria yang hobi berenang ini bergabung dengan salah satu koran lokal ’Jawa Pos Group’ yang bernama ’EQUATOR’, sekarang bernama “Rakyat Kalbar”. Di Pontianak, disamping berprofesi sebagai jurnalis, mantan Wakil Ketua Persatuan Mahasiswa Perantau Se Jawa (KPMPKB) ini, dulunya terlibat aktif dalam beberapa organisasi seperti Senat Mahasiswa, KNPI, Organisasi Profesi Pers dan LSM. Terakhir ia bersama rekan-rekannya mendirikan LSM bernama MADANIKA.

Saat bekerja di EQUATOR, pada 2004, alumni Magister Hukum Universitas Tanjungpura ini diusulkan teman-temannya ikut Fit and Profer Test KPID Kalbar dan lulus. Sejak itu, sebagai komitmennya, ia mundur (non aktif) di Harian EQUATOR dan berkonsentrasi di KPID Kalbar. Sebagai sosok yang konsen di jalur pers, pada pemilihan periode kedua (2007-2010), ia terpilih kembali. Tugas sebagai komisioner berlanjut dengan terpilih sebagai Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat periode 2015-2019. Sebelumnya dia bekerja pada Program Kinerja USAID di Kalbar sebagai STTA Media.

Pada tahun 2018 setelah mengikuti rangkaian seleksi hingga Fit and Proper Test dinyatakan lulus kembali sebagai Komisioner Komisi Informasi Kalimantan Barat Masa Jabatan 2018 – 2022, kemudian Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan pada tanggal 10 Januari 2019 oleh Gubernur Kalimantan Barat, bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat.

Wakil Ketua : Muhammad Darusalam, S.E.

Bung Salam merupakan sosok low profile yang dipercaya sebagai Wakil Ketua Komisi Informasi Kalimantan Barat Periode 2018-2022. Dilahirkan 40 Tahun lalu di Ella Hilir, Kabupaten Melawi. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMAN No. 3 Sintang, la melanjutkan S1 di Fakultas Ekonomi UNTAN Pontianak. Menyandang status mahasiswa menjelang masa reformasi membuatnya larut (mesti tidak hanyut) dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan baik di intra kampus maupun gerakan ekstra kampus.

Latar belakang akademiknya dibidang Ekonomi tidak membatasinya untuk beradaptasi dalam menjalankan tugas pokok sebagai Komisioner di Komisi Informasi Provinsi kalimantan Barat, mengingat berbagai aktivitasnya bahkan sejak mahasiswa yang akrab terhadap gerakan-gerakan advokasi yang bersentuhan langsung terhadap kepentingan publik.

Masa awal setelah setelah purna dari aktivitas kemahasiswaan sempat aktif dalam berbagai gerakan civil siciety, diantaranya melaksanakan FCM (Forest Certification Monitoring) di Kabupaten Melawi bersama Forest Watch Indonesia, didukung oleh UEI (Uni Eropa – Indonesia). Selain itu juga sebagai Koordinator KOSDEP (Kelompok Studi Demokrasi, Ekonomi dan Pembangunan), BPC HIPMI Kabupaten Melawi dan sebagai Badan Pengawas Radio Komunitas SUAR Voice.

Selanjutnya Bung Salam lebih banyak bergerak disektor wiraswasta, sempat bergabung di PT. Bikuetza Artha Prima dan PT. Buana Service Logistic di  Jakarta dalam waktu yang bersamaan, mengingat kedua perusahaan tersebut bernaung dibawah group yang sama namun berbeda sektor bisnis yang menjadi fukus kegiatan. Awal Tahun 2012 bergabung dengan PT. Adau Agro Kalbar dan kemudian PT. Adau Hijau Lestari keduanya beroperasi di wilayah Kabupaten Melawi. Terahir sebagai Commanditer pada CV. Buana Patra yang bergerak sub bidang jasa maupun pembangunan perkebunan.

Kehadiran Komisi Informasi Provinsi bagi Bung Salam merupakan peluang bagi publik dalam mengawal prinsip-prinsip keterbukaan sebagai perwujutan dari watak pemerintahan yang demokratis didaerah, untuk itu, sebagai Komisioner ia bertekad mewujudkan Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat sebagai lembaga yang efektif dalam mendorong keterbukaan informasi di badan publik.

Koordinator Bidang KHAL : Lufti Faurusal Hasan, S.P.

Lahir di Kota Ketapang, tanggal 6 Juni 1977, melewati pendidikan dasar menengah dan atas di Kota Ketapang dan menyelesaikan pendidikan S-1 di Jurusan Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura – Pontianak.

Sejak kecil senang berorganisasi khususnya Gerakan Pramuka hingga sekarang dan ketika di bangku kuliah sejak masuk tahun 1994 aktif disejumlah organisasi intra dan ekstra kampus mulai dari Badan Perwakilan Mahasiswa, Sekjen Senat Faperta Untan, FKMI Ulul Albab, Senat Universitas, Lembaga Pers Mahasiswa Untan (LPMU) – Mimbar Untan, Racana Universitas Tanjungpura, Mahasiswa Pecinta Alam, Koperasi Mahasiswa hingga Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Faperta Untan Cabang Pontianak.

Setelah diwisuda tahun 2002 berkesempatan belajar jurnalistik di Harian Pontianak Post beberapa bulan kemudian bergabung sebagai Field Manager – Orangutan Protection and Monitoring Project (OPMU) NGO Inggris “Fauna Flora International – Indonesian Project (FFI-IP)” juga sebagai Fasilitator Kecamatan Program Pengentasan Kemiskinan Perkotaan / Pedesaan (P2KP) hingga tahun 2006. Kemudian pertengahan tahun 2006 mengikuti “Short Course” Dasar – Dasar Pengelolaan Lingkungan Hidup / Amdal-A di PSLH-UGM, mulai dipercaya sebagai Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat – Khatulistiwa Kota Kita (LSM-K3) di Ketapang yang berorientasi kepada konservasi alam, pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat. Serta dipercaya sebagai anggota Komisi Penilai Amdal Kabupaten, anggota penilai Badan Akreditasi Sekolah, Penilai UKS / Sekolah Sehat dan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata.

Secara profesional juga sempat menjadi Community Fasilitator hingga District Support Team – Community Water Services and Health Project (DST-CWSHP) yaitu Program Kerjasama Kementerian Kesehatan dan Asean Developmen Bank (ADB) hingga tahun 2006 – 2010, Fasilitator GERHAN (Program Kementerian Kehutanan RI), Fasilitator Kabupaten PNPM Mandiri Kelautan Perikanan (Program Kementerian Kelautan Perikanan RI), Fasilitator Kesehatan Kabupaten – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat / PAMSIMAS (Kementerian PU dan Kemenkes RI) dan sebagai Tenaga Ahli beberapa pekerjaan konsultan serta terakhir sebagai Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar – Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa / P3MD (Kemendes PDTT RI) di Kabupaten Ketapang serta Direktur Bank Sampah Ketapang.

Selain profesionalitas diatas juga masih menyempatkan diri pernah dan masih aktif sebagai “Pegiat Sosial” diantaranya Sekretaris Federasi Panjat Tebing Pengcab Ketapang, Sekretaris Pusdiklatcab Kwarcab Gerakan Pramuka Ketapang, Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ketapang, Wakil Ketua Forum Komunikasi – Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kalbar, Sekjen Himpunan Pelestari Hutan Andalan (HPHA) Kalbar, Sekjen Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Ketapang, Koordinator Wilayah Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ketapang, serta Bendahara Korps Alumni HMI (KAHMI) Ketapang.

Kesemua aktifitas sosial diatas akhirnya sementara dianaktirikan, sebagai bentuk komitmen setelah Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan sebagai Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat Masa Jabatan 2018 – 2022 pada tanggal 10 Januari 2019 oleh Gubernur Kalimantan Barat, bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini dipercaya sebagai Koordinator Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga (KHAL) Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat Periode 2018 – 2022.

Koordinator Bidang ASE : Rospita Vici Paulyn, S.T., Mediator

Lahir di Jayapura pada tanggal 11 Juni 1974. Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 di Pontianak, ia hijrah ke Jakarta dan bekerja sebagai tenaga pengajar/Dosen di Lembaga Manajemen Sukabumi 4, sukabumi tahun 1998 – 2000; Kemudian pada tahun 2000 – 2001 bekerja di PT. Supra Securinvest (Member of Jakarta Stock Exchange) Jakarta; dan tahun 2002 – 2003 bergabung di Unit Pengelolaan Kompleks Wilayah Barat II – Sunrise Garden, Yayasan Pendidikan BPK Penabur Jakarta. Akhir tahun 2003 yang bersangkutan kembali ke Pontianak dan mendirikan perusahaan Konsultan Teknik yang bergerak dalam bidang layanan jasa konstruksi meliputi desain, manajemen, perencanaan dan pengawasan dengan posisi sebagai Direktur di CV. Prima Karya Khatulistiwa.

Semasa kuliah, lulusan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Pontianak ini terlibat aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti Senat Mahasiswa Fakultas Teknik, Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik, Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Tanjungpura, dan Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Seluruh Indonesia.

Selanjutnya ia juga terlibat aktif di berbagai organisasi profesi dan organisasi kemasyarakatan, antara lain: sebagai Ketua Umum Forum Sarjana Perempuan (FORSSAP) Kalimantan Barat, sebagai Ketua I di Ikatan Alumni Fakultas Teknik (IAFT) Univ. Tanjungpura, Wakil Sekretaris Bidang Kemasyarakatan di Komisariat Daerah Pemuda Katolik (PK) Kalimantan Barat, Wakil Ketua di DPD Barisan Indonesia (BARINDO) Kalimantan Barat, Wakil Ketua VI di DPD Laskar Merah Putih (LMP) Prov. Kalimantan Barat, di Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Kalimantan Barat dan sebagai Wakil Sekretaris di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalbar.

Pada akhir tahun 2015 yang bersangkutan telah mengundurkan diri (non aktif) dari perusahaan jasa konstruksi yang dipimpinnya maupun dari jabatannya di berbagai organisasi yang diikuti sebagai komitmen saat menjadi Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat.

Menjadi Ketua KI Kalbar periode ke-2 pada Maret 2017 s/d Desember 2018, ia telah menghantarkan Provinsi Kalimantan Barat meraih Peringkat Pertama pada penilaian Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional kategori Pemerintah Provinsi yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat.

Mengikuti kembali rangkaian seleksi hingga Fit and Proper Test Komsisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat, yang bersangkutan terpilih kembali sebagai Komisioner Komisi Informasi Kalimantan Barat Masa Jabatan 2018 – 2022 dan telah diambil Sumpah Jabatan serta dikukuhkan kembali oleh Gubernur Kalimantan Barat pada tanggal 10 Januari 2019, bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat.

Koordinator Bidang PSI : Chatarina Pancer Istiyani, S.S.,M.Hum. Mediator.

Lahir di Sleman pada tanggal 23 Maret 1973. Selepas sarjana, dengan beasiswa dari URGE (University Research and Graduate Education), ia melanjutkan pendidikannya di Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Untuk riset tesisnya, ia didukung beasiswa Toyota Foundation, Jepang. Sementara untuk mempublikasikan tesisnya berupa buku berjudul Tubuh dan Bahasa yang dipilih sebagai buku bermutu oleh Program Pustaka, Yayasan Adikarya Ikapi didukung sokongan dari Ford Foundation. Lulus Magister Humaniora pada tahun 2001.

Selain buku hasil penelitian tesisnya tersebut, kecintaannya sebagai peneliti tercerminkan dari buku yang ditulis Mozaik Dayak: Keragaman Subsuku dan Bahasa Dayak di Kalimatan Barat (bersama dua peneliti yang lainnya), Memahami Peta Keragaman Subsuku dan Bahasa Dayak di Kalimantan Barat, Senator di Batas Republik (ketua tim peneliti), Pencitraan Adat Menyikapi Globalisasi (penyumbang artikel), dan Profil Perlindungan Perempuan Kalimantan Barat. Jurnal-jurnal ilmiah juga disasarnya, antara lain Humaniora (UGM) dan Srinthil (Desantara). Karya lain baik pribadi maupun hasil kerja tim antara lain Rencana Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Kapuas Terpadu 2011 dan berbagai artikel di koran lokal, policy brief, maupun makalah seminar lokal dan nasional.

Yang bersangkutan pernah menjadi peneliti di Pusat Studi Asia Pasifik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan hingga kini menjadi mitra peneliti. Selain itu, juga pernah menjadi peneliti di Institut Dayakologi, Perkumpulan PENA Kalimantan Barat, dan peneliti lepas pada berbagai lembaga.